Tidak Tajam

tidak-tajamtidak-tajam-2
tidak-tajam-3

Housing-Estate.com, Jakarta – Menurut Ivon, semua perabot dan aksesoris di kamar anak tidak boleh bersudut atau memiliki sendi tajam tapi round edges (membulat). Kalau tidak bisa dihindari, karena misalnya membeli perabot jadi atau sudah lama ada, lapisi setiap sendi dan sudutnya yang bisa melukai itu dengan bantalan lunak. “Tumbuh kembang anak sangat cepat. Kita tidak perlu mengganti seluruh perabot untuk keamanan mereka. Kita bisa mencari solusi lain seperti menaruh bantalan di sudut (dan sendi) yang tajam. Setelah anak mulai besar dan mengerti, bantalan bisa dilepas,” ujar Ardiansyah. Bila perabot seperti ranjang cukup tinggi, pinggirannya diberi pagar pembatas atau railing.

ringan

RINGAN  Aksesoris seperti frame, pajangan, jam meja, kotak penyimpan, lampu baca, dan lain-lain, selain tidak tajam dan terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, juga tidak berat.

bahan-ramah-anak

Desain dan bentuk pembuka laci atau lemari juga perlu diperhatikan agar anak tidak cedera atau terluka saat membentur atau menariknya. “Hindari bentuk pegangan laci atau lemari yang menonjol keluar, karena anak bisa cedera terantuk atau mengenai tonjolan tersebut. Bentuk pegangan berlubang ke dalam lebih dianjurkan,” kata Ivon.

Stop Kontak Berpelindung

stop-kontak-berpelindung

Soket, stop kontak, dan kabel-kabel untuk mendukung penerangan kamar anak juga harus aman, stabil, tidak mengelupas dan kelebihan beban. Di pasaran tersedia stop kontak dan soket yang dilengkapi pelindung sehingga tetap aman disentuh anak-anak.

Stopper

Stopper

Agar tidak membahayakan anak, kita bisa menambahkan stopper (drawer stops) di setiap laci sehingga tidak bisa ditarik sampai habis keluar.

Cek Berkala

cek-berkala

Kondisi perabot harus dicek secara berkala untuk memastikannya tetap ramah bagi anak. Misalnya, pembatas ranjang tetap kokoh, soket/stop kontak dan kabel-kabel tetap aman, dan engsel atau sambungan pada pintu lemari dan laci-laci tetap berfungsi. Engsel dan sambungan lemari/laci yang kendur atau sudah berkarat bisa berakibat fatal saat anak membukanya. “Sebaiknya gunakan engsel atau sistem sambungan yang berkualitas baik dan tahan lama, kemudian cek secara berkala. Kalau ada sekrupnya yang longgar, segera kencangkan,” kata Ivon.

Sumber: Majalah HousingEstate