Hunian kompak di perkotaan membuat kita harus ekstra cermat dalam menata ruang. Salah satu yang penting adalah kamar mandi mengingat fungsi ruang ini sangat vital. Dengan penataan yang baik kamar mandi mungil bisa berfungsi maksimal dan dari sisi desain masih enak dipandang.

Untuk itu kita bisa mengikuti panduan untuk menata kamar mandi kecil di rumah seperti yang dipaparkan oleh produk saniter Kohler. Ada 7 tips mudah yang bisa kita ikuti sebagaimana diterima housing-estate.com di Jakarta, Sabtu (30/7).

1. Siasati Ruang Penyimpanan

Kita bisa mendesain sendiri meja rias untuk menyesuaikan dengan ruangan dan kebutuhan kita. Maksimalkan meja rias di kamar mandi dengan menambahkan rak, laci, hingga stop kontak yang terintegrasi untuk memudahkan rutinitas pagi sekaligus menjaga sekeliling ruang kamar mandi tetap rapi. Gunakan pilihan finishing maupun countertop sesuai selera kita, untuk mudahnya, kembali gunakan pilihan warna-warna yang netral.

2. Hemat Ruang

Pilih produk-produk yang hemat ruangan seperti lemari tersembunyi di balik cermin sehingga membuat ruangan kecil tidak semakin termakan dengan keberadaan berbagai perabot yang kita butuhkan.

3. Bermain Dengan Warna

Jangan pernah takut untuk menggunakan pewarnaan yang akan membuat kamar mandi kita menjadi tempat yang lebih menyenangkan. Kita bisa memilih warna yang pas berdasarkan palet warna yang umum disediakan produk cat, sesuaikan dengan tema keseluruhan kamar mandi.

4. Gunakan Berbagai Pilihan Tekstur Pada Peralatan Kamar Mandi

Padu padan tekstur untuk ubin, kayu, meja, dan lainnya dengan pilihan yang tepat akan membuat interior kamar mandi lebih maksimal. Kita bisa menggunakan unsur warna yang unik maupun penggunaan wastafel dengan kaca yang lebih menarik untuk menjadi center point dari kamar mandi sehingga tidak lagi fokus pada ukuran kamar mandi yang mungil.

5. Tambahkan Aksesori

Kendati kecil bukan berarti haram menggunakan aksesori. Kita bisa memadukan warna, motif, maupun sentuhan pribadi yang menjadi selera kita misalnya dengan menggunakan tirai shower, gantungan handuk, keranjang pakaian, tempat sabun, dan lainnya.

6. Perhatikan Hal Teknis

Kita bisa menggunakan peralatan yang lebih canggih di dalam kamar mandi misalnya dengan menggunakan alat tambahan untuk perangkat siram tanpa disentuh (nirsentuh). Produk nirsentuh saat ini juga sudah hadir dengan beragam warna yang bisa disesuaikan dengan tema keseluruhan kamar mandi.

7. Tambahkan Warna dan Keceriaan

Bagi yang terbiasa bersenandung hingga bernyanyi di ruang kamar mandi, kita bisa menggunakan produk pancuran yang menyediakan juga pengeras suara nirkabel. Alat ini bisa memutarkan musik yang tersimpan di dalam gadget seperti smartphone dan perangkat lainnya.

(Source:HousingEstate)