Area dapur dan ruang makan menjadi elemen hunian yang tak luput dari estetika dalam menata desain interior. Tak hanya digunakan untuk kegiatan memasak dan menyantap hidangan, kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktu di area dapur dan ruang makan.

Kedua area tersebut dapat menjadi opsi tempat untuk berbincang bersama anggota keluarga, bekerja, maupun untuk sekadar bersantai. Namun hal ini tentu harus dibarengi dengan kondisi ruangan yang nyaman, penataan ruangan yang rapi, dan berbagai hal lainnya untuk mendukung suasana comfy yang akan membuat kita betah berlama-lama beraktivitas di area dapur dan ruang makan.

Untuk menciptakan suasana ruangan yang nyaman juga tidak perlu selalu ribet. Yuk, intip lima tips sederhana untuk ciptakan area dapur dan ruang makan menjadi rapi dan nyaman dari Ikea. Ikea merupakann toko furnishing asal Swedia yang menyediakan berbagai furnitur maupun aksesori untuk rumah.

1. Simpan bahan makanan dengan rapi di wadah

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam menciptakan dapur dan ruang makan yang lebih nyaman adalah menyimpan bahan-bahan makanan dengan rapi di dalam wadah. Jangan lupa memerhatikan jenis makanan yang disimpan. Wadah berisi bahan makanan yang rentan basi dapat disimpan di dalam kulkas sementara wadah bahan makanan yang lebih tahan lama dapat diletakan di rak atau laci dapur. Dengan menyortir dan menaruh bahan-bahan makanan ke dalam wadah kita juga bisa memaksimalkan ruang penyimpanan sekaligus membuat bahan makanan tidak tercecer sehingga lebih mudah untuk dicari.

2. Percantik meja makan dengan taplak

Kita bisa membuat meja makan semakin aesthetic bak restoran bintang lima hanya dengan taplak meja. Yang penting corak taplak disesuaikan dengan warna meja dan desain interior area dapur secara keseluruhan. Pastikan juga agar pola taplak tidak bertabrakan dan tetap enak dipandang. Taplak meja polos berwarna monokrom, krem, dan cokelat dapat menjadi pilihan yang aman dalam mendekorasi meja makan agar lebih menarik namun tidak terkesan berlebihan

3. Mencuci piring lebih praktis dengan wadah cuci

Apakah sering merasa malas untuk mencuci piring dan membiarkannya tertumpuk di tempat cuci piring? Apalagi saat terdapat banyak piring, gelas, dan alat makan yang mengantre untuk dicuci. Jika dibiarkan terlalu lama kebiasaan ini dapat menimbulkan sarang bakteri. Menggunakan wadah cuci bisa menjadi solusi untuk mempermudah aktivitas mencuci piring. Tak hanya piring, wadah cuci juga dapat kamu gunakan untuk mencuci bahan makanan saat memasak.

4. Sajikan makanan dengan mangkuk aesthetic

Tak lengkap rasanya jika menata ruang makan tanpa alat makan, terutama piring dan mangkuk. Guna mendukung suasana yang lebih anggun, bisa digunakan alat makan yang sesuai dengan tema dan warna meja makan. Bila memakai taplak meja makan dengan warna polos, dapat digunakan mangkuk bermotif guna menyajikan hidangan berkuah untuk menambah warna di dapurmu.

5. Menciptakan suasana elegan dengan lampu kabinet

Pencahayaan menjadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi area dapur dan ruang makan. Kegiatan memasak membutuhkan pencahayaan yang terang, terutama dalam memotong bahan makanan agar terlihat jelas dan aman. Selain pencahayaan natural dari sinar matahari, perlu juga menggunakan pencahayaan arsitektur di malam hari. Kita dapat mengombinasikan lampu sorot dengan lampu dekoratif seperti lampu gantung untuk membuat area dapur lebih terang sekaligus menawan. Selain itu bisa ditambah pencahayaan pada lemari atau kabinet untuk memberi tambahan nilai estetika.

Dikutip dari : https://housingestate.id/