Untuk mencegah tindak pidana pencucian uang dan membangun keterbukaan dalam transaksi bisnis Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mewajibkan penyedia jasa keuangan (PJK) melaporkan transaksi tunai di atas Rp500 juta PPATK.  Dalam draft UU Transaksi Keuangan yang disusun PPATK batasan minimal transaksi tunai yang harus dilaporkan akan diturunkan dari Rp500 juta menjadi Rp100 juta.

Ketentuan ini jika nantinya diberlakukan diprediksi akan berdampak negative terhadap  sektor properti. Sebab, dengan batasan Rp500 juta saja banyak sektor bisnis yang terpukul karena orang takut melakukan transaksi. Alasannya bermacam-macam mulai dari tidak ingin diketahui hartanya dan sumber dananya.

Menurut Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Hari Raharta, hal-hal seperti ini membuat kalangan pengusaha menjadi repot dengan urusan non teknis yang sedikit banyak mengganggu iklim usaha. Ia menyebutkan pengusaha di bidang apapun selalu melaporkan transaksi bisnisnya.

“Seperti kita sebagai pengembang, setiap transaksi penjualan itu pasti dilaporkan, jadi nggak perlu ada aturan seperti ini juga kita pasti laporkan berapapun nilai transaksinya. Mestinya dipikirkan konteksnya apa dulu, kalau sekarang malah mau dibikin Rp100 juta itu kita akan lebih repot lagi,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (28/7).

Pemerintah, lanjut Hari, sering kali membuat aturan yang tidak sinkron terkait dengan dunia usaha di lapangan maupun antar instansi dan lembaga pemerintah itu sendiri. Hari menceritakan ketika kerap diajak rapat maupun berdiskusi dengan pihak pemerintah, sering kali antar instansi justru meributkan terkait aturan yang sedang dibahas.

“Logikanya begini aja, kita bawa uang Rp500 juta terus ditanya ini uang dari mana, mau digunakan untuk apa, ribet nggak? Dari pada begini lebih baik membuat aturan yang lebih sinkron dan bisa menambah gairah pasar sehingga pajak juga bisa meningkat. Ini buat aturan seperti eksperimental malah bikin repot di lapangan,” pungkasnya. (Source:HousingEstate)